Sabtu, 02 Desember 2017

PROPOSAL BISNIS MINUMAN DINGIN “ES SUMPIT”

PROPOSAL BISNIS
MINUMAN DINGIN “ES SUMPIT”

Disusun Oleh Kelompok :
Bima Nugraha – 12214174
Muhamad Iqbal Fadilah - 16214957
Mutiara Hartasya – 17214683
Kelas 4 EA 04

FAKULTAS EKONOMI
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UNIVERSITAS GUNADARMA
JAKARTA
2017



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga tim penulis dapat menyelesaikan penulisan tugas dengan judul “PROPOSAL BISNIS MINUMAN “Es Sumpit” pada akhirnya dapat terselesaikan dengan baik. Tujuan dari penulisan tugas ini adalah untuk melengkapi tugas mata kuliah Komunikasi Bisnis.
Proposal ini dibuat dalam rangka memperdalam pemahaman mengenai Bisnis melalui gambaran bisnis yang akan dibuat yaitu bisnis minuman Es Sumpit. Dalam rangka penulisan tugas ini, tim penulis banyak mengalami kesulitan dan kendala. Namun berkat adanya arahan, dorongan moril dan material serta bimbingan dari berbagai pihak sehingga tim penulis dapat menyelesaikan penulisan tugas ini.
Tidak lupa pula pada bagian ini, dengan segala kerendahan hati dan rasa hormat yang setinggi-tingginya tim penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu tim penulis dalam menyelesaikan tugas ini.
Tim penulis menyadari bahwa dalam penulisan tugas ini tidak terlepas dari segala kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati timpenulis mengharapkan saran kritik dari pembaca sebagai bahan masukan sehingga dapat berguna baik bagi penulis dikemudian hari.
Akhir kata, tim penulis mengucapkan terima kasih, semoga mendapatkan balasan pahala dari Allah SWT, dan semoga penulisan tugas ini dapat bermanfaat bagi tim penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.
Jakarta, Oktober 2017



Tim Penulis         
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .......................................................................................  2
DAFTAR ISI ......................................................................................................  3
BAB I    Deskripsi Umum Bisnis
1.1.... Deskripsi Umum Bisnis ...............................................................  4
1.2.... Latar Belakang Usaha .................................................................  5
1.3.... Tujuan dan Potensi Usaha ...........................................................  6
1.4.... Keunikan Pelayanan ...................................................................  6
BAB II   RENCANA PEMASARAN
2.1.... Analisis Pasar ..............................................................................  7
...... a.     Segementasi, Targeting, dan Positioning .............................  7
...... b.     Permintaan ..........................................................................  7
...... c.     Pesaing ................................................................................  8
...... d.     Harga ..................................................................................  8
2.2.... Strategi Pemasaran ......................................................................  9
2.3.... Analisis SWOT ............................................................................  9
BAB III RENCANA PRODUKSI
3.1.... Lokasi Usaha ..............................................................................  11
3.2.... Kebutuhan Bahan Baku dan Peralatan ........................................  12
...... a.     Bahan Baku .........................................................................  12
...... b.     Peralatan .............................................................................  12
3.1.... Proses Produksi ...........................................................................  12
BAB IV RENCANA KEUANGAN
4.1.... Sumber Dana ..............................................................................  14
4.2.... Perkiraan Dana Yang Dibutuhkan ...............................................  14
...... a.     Biaya Tetap .........................................................................  14
...... b.     Biaya Variabel ....................................................................  14
4.3.... Perkiraan Keuntungan .................................................................  15
BAB V   RENCANA KEUANGAN
5.1.... Antisipasi Masa Depan ................................................................  16
5.2.... Kesimpulan .................................................................................  16
DAFTAR PUSTAKA .........................................................................................  17


BAB I
DESKRIPSI UMUM BISNIS
1.1         Deskripsi Umum Bisnis
Bisnis minuman yang kami tawarkan adalah Es Sumpit yaitu usaha yang bergerak di bidang penjualan minuman dingin yang bentuknya seperti mie dan disajikan dalam mangkuk/cup. Keunikan Es Sumpit ini adalah karena cara memakan/meminumnya dengan menggunakan sumpit seperti layaknya kalau makan mie. Minuman segar terbuat dari jelly dan leci yang bentuknya di buat seperti hidangan mie. Hidangan telur mata sapi pada minuman ini terbuat dari jelly susu untuk bagian putih telurnya, sedangkan bagian tengahnya terbuat dari jelly rasa jeruk sunkist. Meskipun rasa telur sapi pada mie cool ini rasanya segar dan manis, bentuknya justru lebih sempurna daripada telor mata sapi asli.
Rencana tempat usaha ini adalah di sebuah kios sederhana, meskipun penjualan es ini di sebuah kios sederhana, kami akan merancang tempat ini sehingga menjadi kios yang menarik, nyaman sehingga para pengunjung yang datang untuk melepas  rasa dahaga akan merasa senang dan betah ketika menikmati minuman Es Sumpit ini.
                                                           Gambar 1
Gambaran Produk Es Sumpit

Gambar 2
Gambaran Penyajian Produk Es Sumpit
1.2         Latar Belakang Usaha
Indonesia adalah negara kepulauan dengan iklim tropisnya sangat cocok untuk pemasaran minuman dingin segar. Namun, ketersediaan minuman yang dijual di pasaran sangat memprihatinkan karena minuman yang dijual di pasaran rentan terhadap bahan pengawet, padahal masyarakat yang meminati minuman seperti es misalnya sangat banyak. Melihat hal ini menjadikan kami terdorong untuk membuat minuman yang sehat dan berkualitas tanpa bahan pengawet bagi masyarakat
Biasanya masyarakat lebih suka membeli minuman seperti es dari pada membuatnya sendiri, oleh karena itu dimanfaatkanlah usaha minuman untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, dari pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis minuman.
Kami mencoba menciptakan sebuah produk yang menarik, menyegarkan sekaligus menyehatkan baik itu itu untuk pangsa pasar anak-anak pada khususnya maupun dewasa pada umumnya sehingga terciptalah Es Sumpit dimana bahan yang dipergunakan sebagian besar merupakan bahan makanan yang sehat.


1.3         Tujuan dan Potensi Usaha
Pada dasarnya, tujuan didirikannya usaha ini adalah untuk memenuhi kebutuhan serat para pelanggan yang tidak sempat untuk membuat minuman jeli sendiri, tentu saja minuman jeli yang berbeda dari yang lain. Karena itu, inovasi minuman jeli yang kami  coba hadirkan juga bertujuan untuk mehilangkan rasa bosan pada minuman jeli biasa, sehingga minuman jeli dapat tetap dinikmati demi terpenuhinya kebutuhan serat bagi kesehatan tubuh. Sedangkan konsep booth sebagai tempat penjualan Es Sumpit ini bertujuan untuk memudahkan proses pemasaran dan pelayanan pelanggan.
Potensi usaha ini ke depan adalah dengan semakin meningkatnya jumlah konsumen atau pelanggan Es Sumpit ini, maka diharapkan akan terbuka kesempatan untuk melakukan ekspansi atau perluasan  usaha dengan  membuka cabang-cabang di daerah yang cukup strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen.
1.4         Keunikan Pelayanan
Keunikan pelayanan yang ditawarkan oleh Es Sumpit ini adalah  sensasi miuman dingin yang berbeda dari yang dijual pada umumnya. Campuran  jelly dan leci yang bentuknya di buat seperti mie pangsit akan membuat pelanggan merasakan sensasi meminum es menggunakan sumpit. Keunikan lain adalah harganya yang terjangkau. Sehingga mereka yang memiliki uang  terbatas tetap dapat meminum  Es Sumpit yang baik bagi kesehatan.


BAB II
RENCANA PEMASARAN
2.1       Analisis Pasar
Aspek pasar merupakan salah satu aspek yang berkenaan mengenai kondisi pasar dari bidang usaha yang di jalankan, dan merupakan urutan pertama bila akan menyusun suatu proposal usaha.
a.      Segmentasi, Targeting dan Positioning
·         Segmentasi Pasar
Sasaran pasar konsumen produk Es Sumpit adalah konsumen segmen menengah kebawah.
·         Target Pasar
Target pasar yang dituju adalah Pegawai Kantor, Mahasiswa, Komunitas, Wisatawan.
·         Positioning
Kami ingin menciptakan image atau citra produk Es Sumpit di benak konsumen sebagai penyedia minuman jeli sehat berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.
b.      Permintaan
1.         Omset Penjualan
Jika harga 1 cup Es Sumpit seharga Rp.6000,- dan terjual sebanyak 50 cup. Maka, perkiraan penjualan perhari :
= Rp 6000,- x 50 cup = Rp 300.000,-/hari
Maka, perkiraan omset penjualan perbulan:
= Rp 300.000,- x 30 hari = Rp 9.000.000,-/bulan 



2.         Volume Penjualan
Tabel 1
Perkiraan Volume Penjualan
Periode
Penjualan
(unit)
Harga/unit
(Rp/unit)
Volume Penjualan
Bulan ke-1
1500
Rp 6.000,-
Rp 9.000.000,-
Bulan ke-2
1650
Rp 6.000,-
Rp 9.900.000,-
Bulan ke-3
1815
Rp 6.000,-
Rp 10.890.000,-
Bulan ke-4
1996
Rp 6.000,-
Rp 11.976.000,-
Bulan ke-5
2196
Rp 6.000,-
Rp 13.176.000,-
Bulan ke-6
2416
Rp 6.000,-
Rp 14.496.000,-
*Estimasi kenaikan permintaan 10% per bulan
3.         Penjualan Hasil Produksi
Penjualan hasil produksi Es Sumpit ditujukan kepada :
·         Masyarakat kalangan menengah kebawah
·         Warga yang melakukan pola hidup sehat
·         Mahasiswa sekitar tempat penjualan

c.       Pesaing
Pesaing usaha kami tentunya usaha dibidang yang sama yaitu penyedia minuman jeli seperti Es Mie Cool Jelly “DELI COOL” dan Es Mie Biyung. Namun, belum adanya pesaing di sekitar lokasi penjualan menjadi peluang tersendiri bagi Es Sumpit.
d.      Harga
Dengan harga Rp 6.000,- per cup sehingga menjangkau komsumen kalangan manapun terutama target pasar yang dituju, yaitu mahasiswa disekitar lokasi penjualan Es Sumpit.


2.2       Strategi Pemasaran
Produk yang kami tawarkan lebih ditujukan kepada kalangan masyarakat menengah kebawah, terutama masyarakat yang sangat menyukai es dan berbagai macam dan rasa dari minuman dingin. Karena diperuntukan untuk masyarakat kalangan menengah kebawah maka kami lebih mengedepankan harga yang relatif terjangkau.
Adapun strategi pemasaran yang akan dilakukan adalah dengan :
a.          Pemasangan papan reklame dan banner, di depan tempat usaha.
b.          Pada awal tahap pengenalan produk, melakukan promosi penjualan seperti paket pembelian 4 cup gratis 1 Cup.
c.          Produk yang kami tawarkan memiliki harga yang relatif terjangkau dan bersaing dengan kios-kios minuman dingin dan jauh lebih murah jika dibandingan dengan  minuman jeli yang dijual di cafe mall.
2.3       Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah sebuah bentuk analisa situasi dan juga kondisi yang bersifat deskriptif (memberi suatu gambaran). Analisa ini menempatkan situasi dan juga kondisi sebagai sebagai faktor masukan, lalu kemudian dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing. Satu hal yang perlu diingat baik-baik oleh para pengguna analisa ini, bahwa analisa SWOT ini semata-mata sebagai suatu sebuah analisa yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi, dan bukan sebuah alat analisa ajaib yang mampu memberikan jalan keluar yang bagi permasalahan yang sedang dihadapi.
1.      Strength (Kekuatan)
·            Kualitas produk yang terjamin
·            Proses pembuatan yang mudah
·            Harganya terjangkau
·            Terbuat dari bahan baku yang sehat
·            Praktis untuk dimakan

2.      Weakness (Kelemahan)
·            Harga bahan baku yang tidak stabil
·            Masih sangat pemula bagi penjual untuk menjalankan usaha
·            Pemasaran masih belum luas, masih dalam lingkup kecil
3.      Opportunity (Peluang)
·            Budaya masyarakat yang konsumtif
·            Cocok untuk semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang tua
·            Masyarakat yang senang dengan makanan ringan, praktis dan tidak ribet
4.      Threat (Ancaman)
·         Banyaknya pesaing yang sudah berjualan minuman dingin
·         Perubahan selera masyarakat atau sifat manusia yang cepat bosan
·         Munculnya pesaing-pesaing baru




BAB III
RENCANA PRODUKSI
3.1       Lokasi Usaha
Lokasi yang kami pilih untuk menjalankan usaha Es Sumpit ini berada di di jalan Akses UI, Depok, Jawa Barat. Lokasi ini sangat potensial bagi usaha kuliner sebab terletak di kawasan perumahan penduduk yang padat serta banyaknya kampus yang tersebar di kawasan ini. Selain itu menjelang sore dan malam kawasan ini banyak dilewati orang pulang bekerja.
Kelebihan dari lokasi usaha kami diantaranya adalah :
·         Berada dekat dengan pasar konsumen, dimana di wilayah Kelapa Dua banyak sasaran konsumen potensial seperti masyarakat dan mahasiswa.
·         Berada dekat dengan bahan baku, dimana lokasi usaha kami dekat dengan Pasar Pal yang berjarak 1 km.
·         Dekat dengan tenaga kerja, dimana tempat usaha kami berada di kawasan pemukiman penduduk dan akses ke lokasi usaha kami sangat mudah.
·         Tersedia sarana dan prasarana yang memadai, Karena lokasi kami berada di kota Depok.
Gambar 3
Gambaran Booth Penjualan Es Sumpit
3.2       Kebutuhan Bahan Baku dan Peralatan
a.    Bahan Baku
Tabel 2
Tabel Kebutuhan Bahan Baku Produksi Per Bulan
Nama Bahan Makanan
Jumlah
Susu Kental Manis
4 kaleng @560 gr
Mie Jelly
5 kg
Jelly Bentuk Telur
2 kg
Jelly Bentuk Bola
2 kg
Leci
3 kaleng
Biji selasih
250 gram
Es batu
10 bungkus
Air Mineral
5 Liter

b.    Peralatan
Tabel 3
Tabel Kebutuhan Peralatan
Nama Peralatan
Jumlah
4 buah
Cooler Box
1 buah
Sendok Sirup
1 buah
Sendok Jelly
3 buah
Kotak Jelly
3 buah
Booth
1 buah
Cup+Sumpit+Sedotan
100 buah
3.3       Proses Produksi
1.    Bahan Yang Dibutuhkan
·         Susu Kental Manis
·         Mie Jelly
·         Jelly Bentuk Telur
·         Jelly Bentuk Bola
·         Leci
·         Biji selasih
·         Es batu
·         Air Mineral
2.    Alat Yang Dibutuhkan
·             Sendok Sirup
·             Sendok Jelly
·             Cup+Sumpit+Sedotan
3.    Cara Pembuatan
·         Siapkan cup, kemudian masukan semua bahan, seperti es batu jelly motif berbeda, mie jelly, leci, serta biji selasih
·         Kemudian tambahkan es batu serta jelly telur di atasnya
·         Lalu lumuri dengan susu kental manis di atasnya
·         Sekarang Es Sumpit siap untuk disajikan..

Gambar 4
Gambaran Penyajian Produk Es Sumpit



BAB IV
RENCANA KEUANGAN
4.1       Sumber Dana
Untuk memenuhi kebutuhan akan modal usaha ini maka kami menggunakan modal sendiri. Dan dana tersebut dialokasikan untuk memenuhi seluruh kebutuhan dana untuk kegiatan operasional Es Sumpit.
4.2       Perkiraan Dana Yang Dibutuhkan
a.    Biaya Tetap
Tabel 4
Tabel Biaya Tetap
Nama Peralatan
Jumlah
Harga Satuan
Jumlah
Toples Kaca
4 buah
Rp 25.000,-
Rp 100.000,-
Cooler Box
1 buah
Rp 1.500.000,-
Rp 1.500.000,-
Sendok Sirup
1 buah
Rp 10.000,-
Rp 10.000,-
Sendok Jelly
3 buah
Rp 5.000,-
Rp 15.000,-
Kotak Jelly
3 buah
Rp 15.000,-
Rp 45.000,-
Booth
1 buah
Rp 750.000,-
Rp 750.000,-
Total
Rp 2.420.000,-

b.    Biaya Variabel
Tabel 5
Tabel Biaya Variabel
Nama Bahan Makanan
Jumlah
Harga Satuan
Jumlah

Susu Kental Manis
3 buah @560 gr
Rp 13.500,-
Rp 40.500,-

Mie Jelly
4 kg
Rp 12.500,-
Rp 50.000,-

Jelly Bentuk Telur
2 kg
Rp 12.500,-
Rp 25.000,-

Jelly Bentuk Bola
2 kg
Rp 12.500,-
Rp 25.000,-

Nama Bahan Makanan
Jumlah
Harga Satuan
Jumlah

Leci
1 kaleng
Rp 25.000,-
Rp 25.000,-

Biji selasih
200 gram
Rp 10.000,-
Rp 10.000,-

Es batu
10 bungkus
Rp 1.000,-
Rp 10.000,-

Air Mineral
5 Liter
Rp 5.000,-
Rp 5.000,-

Cup+Sumpit+Sedotan
50 buah
Rp 500,-
Rp 25.000,-

Total
Rp 215.500,-

4.3       Perkiraan Keuntungan
            Usaha Es Sumpit ini diperkirakan akan memperoleh keuntungan sebesar :
Jika harga 1 cup Es Sumpit seharga Rp.6000,- dan terjual sebanyak 50 cup. Maka, perkiraan penjualan perhari :
= Rp 6000,- x 50 cup = Rp 300.000,-/hari
Keuntungan = Pendapatan - Biaya produksi
   = Rp 300.000,-  -  Rp 215.500,- = Rp 84.500,-
Pengembalian modal = Total biaya produksi : Laba usaha
    = Rp. 2.420.000,- : Rp. 84.500,- = 28,6
Jadi usaha ini akan mengalami pengembalian modal pada produksi ke 28.


BAB V
PENUTUP
5.1       Antisipasi Masa Depan
        Sebagai pebisnis pemula, kami harus selalu mengantisipasi hal-hal yang tudak diinginkan terjadi nantinya seperti penjual-penjual minuman dingin musiman. Saya harus memiliki strategi yang inovatif dan berbeda dari yang lainnya. Kami akan selalu mengembangkan keahlian kami dan memperbaiki cita rasa Es Sumpit agar para konsumen selalu puas dengan Es Sumpit kami. Kami juga akan selalu memperhatikan saran dan  kritik yang konsumen berikan.
5.2       Kesimpulan
Bisnis kuliner yang semakin menjamur di kota Depok membuat konsumen memiliki beragam pilihan makanan dan minuman untuk dijadikan santapan, namun hal ini tidak dibarengi dengan kesadaran konsumen akan kandungan gizi pada makanan dan minuman tersebut. Disamping itu, meningkatnya produktivitas menuntut masyarakat untuk selalu dalam kondisi prima namun tidak mempunyai waktu yang cukup untuk menyiapkan makanan dan minuman dengan kebutuhan gizinya masing-masing.
Selain mengandung banyak manfaat, Es Sumpit juga memiliki bentuk dan cita rasa yang tidak kalah unik. Bentuknya dicetak panjang-panjang berdiameter kecil, sama persis dengan bentuk mie dan berwarna kuning (dengan menggunakan pewarna makanan). Setiap mie yang disajikan ditambahkan pula dengan siraman susu kental manis serta leci, dan beragam bentuk jeli lainnya.
Demikian proposal usaha Es Sumpit yang kami buat. Harapan kami untuk produk Es Sumpit ini semoga dikenal baik oleh masyarakat luas agar bisa lebih berkembang dengan pesat dan maju. Seorang pengusaha harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk kepentingan orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain juga.


DAFTAR PUSTAKA

http://www.kompasiana.com/waroengsemawis/mie-cool-konsep-kuliner-kreatif-dari-semarang_54f67f39a333116c058b4e98

http://info-usaha.wirausahanews.com/20120815/482-bisnis-es-mie-sensasi-minuman-mie.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTER IKLAN ES SUMPIT

Gambar ini juga bisa dilihat pada instagram: https://www.instagram.com/p/Bcza-m4gDWJ/?taken-by=m1qbalfadil BOSEN SAM...