Minggu, 30 April 2017

Opini Materi Pertemuan Ke-3 Etika Bisnis

Nama      :     MUHAMAD IQBAL FADILAH
NPM         :     16214957
Kelas        :     3EA04
Jurusan   :     Manajemen                                                          30 April 2017
 
-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Opini mengenai materi Jenis Pasar dan Etika Dalam Persaingan
Persaingan usaha yang semakin ketat ditambah arus globalisasi yang meningkat membuat perusahaan tidak lagi hanya bersaing dengan perusahaan lokal semata, tetapi sudah harus mampu untuk bersaing dengan perusahaan global.
Bisnis yang mampu menciptakan keunggulan tersendiri akan mampu bertahan dipasar. Untuk dapat terus bersaing harus ada daya saing yang dihasilkan oleh produktivitas dan efisiensi. Untuk itu pula diperlukan etika dalam berusaha. Perusahaan yang beretika akan mendapatkan keuntungan jangka panjang yang dapat dijadikan peluang untuk terus beroperasi.
Persaingan yang dlakukan oleh Ramayana mencerminkan keunggulan bisnisnya sesuai dengan segmentasi pasar yang dituju, produk yang beragam dengan harga yang kompetitif dibandingkan pesaingnya.
Opini mengenai materi Hubungan Perusahaan Dengan Stakeholder
Dewasa ini, persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis membuat perusahaan harus mampu bersaing agar mampu bertahan. Banyak cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam menarik ‘perhatian’ dari masyarakat salah satunya dengan menciptakan hubungan antara perusahaan dengan para stakeholder-nya.
Corporate Social Responsibility atau yang disingkat CSR yang telah dilakukan oleh restoran Bebek Dower merupakan bentuk nyata tanggung jawab perusahaan kepada stakeholder-nya. Hal ini jelas sangat penting Karena perusahaan tidak lagi hanya fokus pada peningkatan profit-nya semata namun harus memperhatikan keadaan masyarakat dan lingkungan disekitarnya. CSR juga berperan penting dalam pembentukan citra perusahaan di masyarakat.

Opini mengenai materi Budaya Organisasi
Budaya organisasi memiliki peranan yang penting bagi sebuah organisasi. Perusahaan yang memiliki kompetensi dasar yang bagus namun tidak memiliki budaya organisasi yang baik maka kinerja perusahaan tersebut tidak optimal. Ini berarti bahwa untuk mencapai kinerja yang bagus, perusahaan tidak bisa lagi hanya fokus pada pencapaian tujuan semata namun sudah memperhatikan aspek kinerja karyawannya melalui perilaku atau budaya yang terjadi.
Kinerja perusahaan terutama yang berhubungan langsung dengan konsumen seperti restoran Happiness, salah satunya dipengaruhi oleh budaya organisasi yang terjadi di dalam lingkup internal perusahaan itu sendiri. Perilaku karyawan yang baik tentunya akan menimbulkan kinerja yang baik pula yang pada akhirnya akan berpengaruh pada keberhasilan organisasi tersebut.

Keuntungan yang dapat dirasakan oleh perusahaan melalui budaya organisasi yang baik tidak hanya sebatas pada lingkungan internal seperti aspek manajemen maupun kinerja karyawan semata, namun secara tidak langsung akan mempengaruhi hubungan perusahaan tersebut dengan stakeholder-nya terutama konsumennya. Maka dari itu, penting bagi suatu perusahaan untuk menciptakan kondisi budaya organisasi yang baik agar dapat menciptakan keunggulan kompetitif dilingkup internalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTER IKLAN ES SUMPIT

Gambar ini juga bisa dilihat pada instagram: https://www.instagram.com/p/Bcza-m4gDWJ/?taken-by=m1qbalfadil BOSEN SAM...