Nama : MUHAMAD IQBAL FADILAH
NPM : 16214957
Kelas : 3EA04
Jurusan : Manajemen 30 April 2017
Opini mengenai materi Jenis Pasar dan Etika Dalam Persaingan
Persaingan usaha yang semakin ketat ditambah arus
globalisasi yang meningkat membuat perusahaan tidak lagi hanya bersaing dengan
perusahaan lokal semata, tetapi sudah harus mampu untuk bersaing dengan
perusahaan global.
Bisnis yang mampu menciptakan keunggulan tersendiri
akan mampu bertahan dipasar. Untuk dapat terus bersaing harus ada daya saing yang dihasilkan oleh
produktivitas dan efisiensi. Untuk itu pula diperlukan etika dalam berusaha. Perusahaan
yang beretika akan mendapatkan keuntungan jangka panjang yang dapat dijadikan peluang
untuk terus beroperasi.
Persaingan
yang dlakukan oleh Ramayana mencerminkan keunggulan bisnisnya sesuai dengan
segmentasi pasar yang dituju, produk yang beragam dengan harga yang kompetitif
dibandingkan pesaingnya.
Opini mengenai materi Hubungan Perusahaan Dengan Stakeholder
Dewasa
ini, persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis membuat perusahaan harus
mampu bersaing agar mampu bertahan. Banyak cara yang dilakukan oleh perusahaan
dalam menarik ‘perhatian’ dari masyarakat salah satunya dengan menciptakan
hubungan antara perusahaan dengan para stakeholder-nya.
Corporate Social Responsibility atau yang
disingkat CSR yang telah dilakukan oleh restoran Bebek Dower merupakan bentuk
nyata tanggung jawab perusahaan kepada stakeholder-nya.
Hal ini jelas sangat penting Karena perusahaan tidak lagi hanya fokus pada
peningkatan profit-nya semata namun
harus memperhatikan keadaan masyarakat dan lingkungan disekitarnya. CSR juga
berperan penting dalam pembentukan citra perusahaan di masyarakat.
Opini mengenai materi Budaya Organisasi
Budaya organisasi memiliki peranan yang penting bagi sebuah organisasi. Perusahaan
yang memiliki kompetensi dasar yang bagus namun tidak memiliki budaya
organisasi yang baik maka kinerja perusahaan tersebut tidak optimal. Ini
berarti bahwa untuk mencapai kinerja yang bagus, perusahaan tidak bisa lagi hanya
fokus pada pencapaian tujuan semata namun sudah memperhatikan aspek kinerja
karyawannya melalui perilaku atau budaya yang terjadi.
Kinerja perusahaan
terutama yang berhubungan langsung dengan konsumen seperti restoran Happiness, salah
satunya dipengaruhi oleh budaya organisasi yang terjadi di dalam lingkup
internal perusahaan itu sendiri. Perilaku karyawan yang baik tentunya akan
menimbulkan kinerja yang baik pula yang pada akhirnya akan berpengaruh pada
keberhasilan organisasi tersebut.
Keuntungan yang dapat
dirasakan oleh perusahaan melalui budaya organisasi yang baik tidak hanya
sebatas pada lingkungan internal seperti aspek manajemen maupun kinerja karyawan
semata, namun secara tidak langsung akan mempengaruhi hubungan perusahaan
tersebut dengan stakeholder-nya
terutama konsumennya. Maka dari itu, penting bagi suatu perusahaan untuk
menciptakan kondisi budaya organisasi yang baik agar dapat menciptakan
keunggulan kompetitif dilingkup internalnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar