Selasa, 04 April 2017

Opini Pembahasan Materi Etika Bisnis

Nama      :     MUHAMAD IQBAL FADILAH
NPM         :     16214957
Kelas        :     3EA04
Jurusan   :     Manajemen                                                                     2 April 2017

Opini mengenai materi Hubungan Perusahaan Dengan Stakeholder
Dewasa ini, persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis membuat perusahaan harus mampu bersaing agar mampu bertahan. Banyak cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam menarik ‘perhatian’ dari masyarakat salah satunya dengan menciptakan hubungan antara perusahaan dengan para stakeholder-nya.
Corporate Social Responsibility atau yang disingkat CSR merupakan bentuk nyata tanggung jawab perusahaan kepada stakeholder-nya. Hal ini jelas sangat penting Karena perusahaan tidak lagi hanya fokus pada peningkatan profit-nya semata namun harus memperhatikan keadaan masyarakat dan lingkungan disekitarnya. CSR juga berperan penting dalam pembentukan citra perusahaan di masyarakat.
Peran pemerintah dalam mengelola CSR pun bisa dikatakan mulai serius, seperti pengelolaan CSR oleh Pemprov DKI Jakarta yang sumbernya berasal dari berbagai perusahaan. Program CSR seperti ini tentunya akan memberikan dampak yang lebih besar bagi semua pihak, pembangunan infrastruktur yang menggunakan dana CSR akan dirasakan manfaatnya oleh lebih banyak masyarakat. Hal ini tentunya secara langsung akan berdampak pada citra perusahaan itu sendiri.

Namun pada prakteknya, implementasi CSR masih perlu ditingkatkan lagi. Tidak meratanya CSR diberbagai daerah hingga program CSR yang hanya dianggap sebagai cost perusahaan semata masih menjadi permasalahan klasik. Padahal jika CSR dimanfaatkan secara maksimal hal ini dapat meningkatkan aspek pembangunan manusia yang secara langsung akan berdampak pada hubungan nyata antara perusahaan dengan para stakeholder-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTER IKLAN ES SUMPIT

Gambar ini juga bisa dilihat pada instagram: https://www.instagram.com/p/Bcza-m4gDWJ/?taken-by=m1qbalfadil BOSEN SAM...